Senin, 16 November 2015

Kuil Fathin San

Pulau Bangka menyimpan alam yang begitu indah dengan pantai-pantainya yang dihiasi bebatuan granit. Tak hanya itu. Pulau yang kaya akan timah ini juga mempunyai destinasi wisata religi yang sangat menarik untuk umat Budha dan Tionghoa dengan pemandangan yang indah untuk disaksikan. Adalah wisata religi Mahayana atau lebih dikenal dengan Bukit Fathin San yang menarik untuk dikunjungi.

Pintu Grbang Masuk Bukit

Terletak di barisan antara Bukit Semut dan Bukit Betung, Desa Lubuk Keli, Kecamatan Sungailiat, Pulau Bangka, Fathin San merupakan kuil bagi umat Budha dan umat Tionghoa. Dengan waktu tempuh 45 menit atau berjarak sekitar 35 kilometer dari Ibukota Pangkal Pinang dan persis di pinggiran kota Sungailiat, destinasi ini tidak hanya menawarkan wisata religi umat Budha dan Tionghoa yang eksotis untuk dilihat, juga menawarkan pemandangan yang menawan untuk dinikmati dari atas Bukit, apalagi dari Bukit ini anda bisa melihat pemandangan kota sungailiat dan kampus Stisipol Pahlawan 12 dan Pascasarjana Stisipol pahlawan 12 yang ciamik.

Patung Naga Di Kuil Fathin

Dibangun di atas barisan bukit semut pada tahun 2011, pemandangan dari kuil ini terlihat sangat indah. Perbukitan dengan warna hijau serta lautan lepas menjadi panorama yang tersaji saat berkunjung ke kuil ini, tidak hanya itu kuil ini juga menyajikan patung dan gambar religius bagi umat Budha dan Tionghoa.

Gua Buatan Di Sekitaran Kuil

Kuil (atau orang-orang sekitar menyebutnya vihara) yang ada di sini memiliki 350 anak tangga. Anak-anak tangga ini yang akan dijajaki oleh para pengunjung jika ingin melihat keseluruhan wilayah kuil.

Patung Dewi Kwan Im

Kuil ini memiliki patung Budha dan Dewi Kwan Im yang berukuran besar dan patung Budha. Di sini juga terdapat sebuah gua buatan yang di dalamnya terdapat naga emas. Di bagian bawah, terdapat kolam yang digunakan untuk melempar koin atau uang receh. Melempar koin ke kolam ini diyakini dapat membawa berkah atau keberuntungan.

Candi Kecil Aja Namanya

Semakin ke bawah, terdapat bangunan besar dengan suasana kebudayaan Cina yang kuat. Ukiran dan atap bagian atas dibuat melengkung, sebagaimana rumah etnis Tionghoa.

Pemandangan Kota Sungailiat Dari Bukit Fathin

Fathin San bisa menjadi wisata alternatif bagi Anda yang menyukai wisata religi, dengan pemandangan yang apik untuk disaksikan. Mengunjungi kuil ini bisa menambah wawasan bahwa nusantara memiliki keragaman tempat wisata yang indah dan cantik.

Patung Apa Itu

Untuk mencapai tempat ini anda bisa mengunjungi Pulau Bangka dan lokasi ini berada di pinggiran Kota Sungailiat, tepatnya di desa Lubuk Keli sungailiat, tak jauh dari perempatan Gedoeng Joang 45 Sungailiat yang berdekatan denga Rumah Sakit Jiwa Sungailiat.


Peta Lokasi Bukit Fathin



0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer