Jumat, 30 Oktober 2015

Kue Jongkong/Kue Jungkong

Bangka belitung merupakan daerah yang memang cukup terkenal akan kuliner yang dimilikinya, dan salah satu makanan khas Bangka adalah kue jongkong, kue jongkong merupakan makanan enak yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka, kue tradisional jongkong khas banegka belitung ini biasanya memiliki 3 lapis warna namun ada juga yang membuatnya hanya satu warna saja atau hanya dua warna. 

Kue jongkong ini memiliki rasa yang enak karena dibuat dengan perpaduan berbagai bahan seperti kelapa muda, garam dan gula merah, kue jongkong ini termasuk salah satu jenis kue yang sangat mudah untuk kita buat. Meskipun makanan ini berasal dari daerah Bangka belitung, namun anda juga dapat membuatnya dan akan menghasilkan rasa yang enak bahkan lebih enak karena disini kami akan berbagi rtesepnya tentang prose dan cara pembuatan kue jongkong enak. 

Warna yang biasa dimiliki kue jongkong ini diantaranya adalah warna putih, warna hijau dan warna hitam. Memang makanan yang sangat unik da enak, juga banyak digemari oleh semua orang tidak hanya orang bangka bahkan sampai diluar daerah bangka pun banyak yang menggemarinya.



Kue Jongkong Bangka

Bahan: 

Adonan gula:

75 gr gula pasir
250 gr gula merah, sisir halus

lapisan jongkong putih:

1 sdm tepung sagu
50 gr tepung beras
400 ml santan

lapisan jongkong hijau:

50 gr tepung beras
1 sdt tepung sagu
50 ml air daun pandan
450 ml santan

Cara membuat: 

1. lapisan hijau: campurkan tepung beras dan tepung sagu lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk. lalu tuangkan air daun pandan. masak dengan api sedang sambil diaduk hingga adonan kental. angkat dan sisihkan

2. lapisan putih: campurkan tepung sagu dan tepung beras lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk. lalu masak dengan api sedang sambil diaduk hingga adonan kental. angkat lalu sisihkan.

3. siapkan cetakan jongkong, masukan 1 sdt gula merah dan gula pasir ke cetakan. tuangkan adonan jongkong hijau lalu kukus setengah matang

4. tuangkan adonan putih ke dalam cetakan baru lalu kukus lagi hingga matang. angkat dan sajikan
5. Kue Jongkong siap di santap, Mantaaaaaap

0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer