Sabtu, 24 Oktober 2015

Lempah Kuning

Lempah Kuning merupakan masakan khas masyarakat Bangka. Masakan ini merupakan menu yang dihidangkan sehari-hari dalam keluarga dan masyarakat. Lempah Kuning sangat di gemari oleh semua kalangan di Bangka dan mungkin ini adalah salah satu makanan yang sangat dirindukan oleh orang-orang Bangka yang berada nun jauh disana yang sedang merantau.
Stisipol Pahlawan 12 dan Pascasarjana Stisipol Pahlawan 12

Masakan ini identik dengan Ikan dan Nanas, gurihnya daging ikan dan campuran asam manis yang dicampur dengan Nanas membuat masakan yang satu ini menjadi salah satu masakan andalan masyarakat Bangka Belitung yang terkenal di seluruh Indonesia.

Kuliner ini sudah turun temurun diwariskan nenek moyang masyarakat Bangka Belitung, entah kapan masakan yang satu ini pertama kali diciptakan, yang pasti sudah dari zaman dahulu masakan ini menjadi salah satu masakan populer di negeri Laskar Pelangi.

Wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung kerap memburu Kuliner dengan khas warna kuning, dan tidak jarang menjadi oleh oleh para wisatawan, selain rasanya yang gurih dan enak kuliner Lempah Kuning sangat mudah ditemukan di Bangka Belitung, biasanya disetiap rumah makan banyak yang menjajakannya dan harganya pun terbilang murah.

Perpaduan bumbu dan bahan yang unik membuat Lempah Kuning mempunyai karakter yang kuat di lidah, sekali anda mencobanya anda pasti akan bisa merasakan aroma dan rasa khas salah satu kuliner yang menjadi ikonik kuliner Bangka Belitung ini.

Jika anda menjelajah ke provinsi paling luar pulau Sumatera yang terkenal dengan nama Laskar Pelangi jangan pernah lupa untuk mencicipi hidangan yang menggoyang lidah masyarakat Indonesia, karena tidak klop rasanya jika anda datang ke Bangka Belitung tanpa mencicipi masakan khas nya.


Berikut adalah bahan dan cara membuatnya: 

Bahan & Bumbu Lempah Kuning 

Untuk membuat makanan khas Bangka ini Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang di perlukan saat memasak: 

1. Ikan kerapu atau ikan lain yang masih segar 3 ekor
2. Air perasan jeruk nipis 3 sendok makan
3. 1 buah nanas, 2 tomat merah 2
4. Air bersih sebanyak 1 liter
5. Cabe merah 8 buah, 2 cabe rawit
6. 5 bawang merah, 4 bawang putih
7. 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 batang serai
8. 1 sendok makan terasi
9. 2 ruas lengkuas
10. 2 sendok makan gula
11. 2 sendok teh kaldu bubuk
12. 4 sendok teh air asam jawa

Cara Membuat Lempah Kuning 

Nah, setelah semua bahan serta bumbu telah anda siapkan, saatnya Anda menyimak beberapa penjelasan cara memasaknya: 

1. Bersihkan ikan kerapunya dengan menggunakan air jeruk nipis, lalu diamkan hingga meresap.
2. Tumis semua bumbu yang sudah Anda haluskan hingga keluar bau wangi, lalu masukan air           serta bumbu yang lainnya, terkecuali air asam jawa.
3. Masak hingga airnya mendidih.
4. Kemudian masukan ikan kerapunya, dengan memasaknya menggunakan api sedang, 
5. Setelah itu ketika airnya agak menyusut anda bisa memasukan nanas dan juga tomat.
6. Dan setelah ikan kerapunya matang sempurna, Anda bisa masukan air asam jawa, lalu tunggulah 5     menit sebelum di angkat.


Selesai dan Hidangkan
Mudah kan ! Mudah2 an menu ini bisa menjadi paengobat rindu untuk orang-orang Bangka yang berada di luar daerah yang sedang rindu akan kampung halamannya Bangka.

0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer