Senin, 23 November 2015

Pesanggrahan Menumbing

Siapa orang Bangka yang tidak kenal dengan Bukit yang satu ini ? Ya Bukit Menumbing namanya, jika kalian bertemu dengan orang – orang Bangka yang tidak mengenal Bukit ini berarti mereka adalah orang – orang yang tidak menghargai atau tidak pernah mengetahui Sejarah Bangsa Indonesia.

Pesanggrahan Menumbing Dari Belakang

Bukit Menumbing merupakan bukit yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi Bangsa Indonesia, di bukit ini terdapat sebuah Wisma atau Pesanggrahan yang dinamakan Pesanggrahan Menumbing, tempat  ini adalah salah satu saksi bisu yang menjadi tempat pengasingan Presiden atau Ploklamator kemerdekaaan Republik Indonesia Ir Soekarno & Moh Hatta.

Terletak di atas ketinggian 450 meter diatas permukaan laut (MDPL) bukit menumbing menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Pulau Bangka, tepatnya di Kabupaten Bangka Barat atau kota Muntok, salah satu kota yang mempunyai banyak tujuan wisata pantai dan wisata alam lainnya.

Pesanggrahan Menumbing yang menjadi tempat pengasingan Presiden pertama Republik Indonesia , Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas bangunan lainnya, di tempat ini pula anda bisa melihat Dokumen dokumen yang di gunakan oleh Presiden pertama kita di pajang di tempat ini.

Dokumen-Dokumen Yang di Pajang

Di tempat ini anda bisa berkeliling dan kembali mengingat sejarah perjuangan Bangsa  Indonesia kita, berbagai Dokumen dan pernak pernik yang digunakan para tokoh Bangsa ini masih terpajang rapi di tempatnya, disini  juga terdapat Mobil yang digunakan oleh Presiden Soekarno yang masih dipajang, selain itu tempat tidur dan peralatan yang digunakan Presiden masih di pajang rapi.

Mobil Soekarno

Selain wisata sejarah dari tempat ini anda akan dimanjakan pemandangan kota Muntok dari ketinggian dengan Bcakground laut yang Indah anda bisa berfoto ria dan menikmati indahnya salah satu destinasi wisata di kota ini.

Untuk mencapai tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau roda empat, jika anda memulai perjalanan dari Kota PangkalPinang anda membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam untuk mencapai lokasi tersebut.

Sampai di lokasi ini anda akan di pungut biaya sebesar 2.500 – 5.000 rupiah /orang, jika anda membawa mobil anda telebih dahulu harus melapor di pos 1 dikarenakan jalan yang sempit, karena hanya bisa dilewati oleh satu mobil saja.

Untuk lebih lengkap tentang sejarah dan tempat ini akan lebih baik jika anda langsung menuju tempat ini, Bangka Barat Muntok – Pulau Bangka provinsi bangka Belitung.



0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer