Sabtu, 02 April 2016


Pulau Belitung atau Belitong adalah sebuah kepulauan di ujung timur Pulau Sumatera Indonesia yang tergabung dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pulau ini bersebelahan dengan Pulau Bangka,  Pulau Belitung juga lebih dikenal banyak orang dengan sebutan Pulau Laskar Pelangi.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Belitung yang beribukota di Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timur yang beribukota di Manggar, penduduknya terdiri dari Suku Melayu dan keturunan Tionghoa.

Jika anda ingin mengunjungi Pulau Belitung anda bisa menggunakan Transportasi Pesawat Terbang dari Kota anda menuju Bandara H.A.S HANANDJOEDDIN atau BULUH TUMBANG yang terletak di Tanjung Pandan Pulau Belitung, anda juga bisa menggunakan Transportasi Kapal Laut menuju Pelabuhan Tanjung Pandan, akan tetapi jika tidak ada kapal langsung menuju Belitung anda bisa Transit terlebih dahulu ke Pulau Bangka tepatnya di Pelabuhan Pangkal Balam lalu dari Pelabuhan Pangkal Balam anda bisa menuju pelabuhan Belitung.

Dari Pelabuhan Pangkal Balam menuju ke Belitung hanya ada satu kali penyeberangan dalam satu hari maka jika anda hendak menuju ke Belitung dengan Transportasi Kapal Laut akan lebih baik jika anda mengujungi Pulau Bangka dan mengunjungi tempat wisata di kepulauan tersebut, karena sayang sekali jika sudah tiba di Pulau Bangka hanya sekedar Transit.

Terkenal dengan beberapa hasil tambang seperti Timah, Pasir Kuarsa, Kaolin dan Granit. Hasil perkebunan penduduknya adalah Sahang (Lada Putih), dan mata pencaharian masyarakat Belitung terdiri dari berbagai macam Profesi seperti Nelayan, Petani dan buruh tambang.

Sekarang Belitung menjadi salah satu tujuan wisatawan Domestik dan Luar Negeri dikarenakan keindahan Pantai dan Pulaunya, selain wisata pantai dan pulau anda bisa mengunjungi Danau Kaolin dan Museum Kata Andrea Hirata sang penulis Novel Laskar Pelangi.

Daftar Tempat Wisata Belitung :

Pantai
  1. Pantai Tanjung Kelayang
  2. Pantai Burung Mandi
  3. Pantai Penyabong
  4. Pantai Serdang
Pulau
  1. Pulau Lengkuas
  2. Pulau Burung
  3. Pulau Kepayang
  4. Pulau Batu Belayar
  5. Pulau Pasir
Lain – Lain
  1. Museum Kata Andrea Hirata
  2. Replika SD Muhamadiyah Gantong

Setelah anda mengelilingi Belitung tidak sah jika anda tidak membawa Oleh – oleh khas dari Belitung. Daftar oleh-oleh khas Belitung :
  1. Kerupuk Belitong
  2. Sambal Lingkong
  3. Belacan Belitong
  4. Kopi Kuli
  5. Mie Belitung
  6. Batu Satam

Selamat Datang Di Belitung

Semoga Informasi dari kami bisa membantu anda, Terima Kasih

0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer