Kamis, 22 Oktober 2015

Pantai Parai Tenggiri


Pantai Parai Tenggiri terletak di Kampung Matras, Sinar Baru Sungailiat, Kabupaten Bangka, sekitar 40 Kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Bangka. Pantai ini dilengkapi dengan hotel resort dengan kamar-kamar cottage.
Pantai Parai Tenggiri dulu lebih dikenal dengan nama Pantai Hakkok. Menurut cerita, pantai ini disebut pantai Parai pertama kali oleh Presiden RI I, Ir. Soekarno. Kontur pantainya landai dengan pasir putih yang halus dengan laut jernih kehijauan. Di sekeliling pantai banyak terdapat pohon kelapa serta berserakan batu-batu granit raksasa. Ombak di Pantai relative tenang sehingga cukup aman untuk anak-anak berenang.









Jembatan Pantai Parai Tenggiri
Hotel resort di Pantai Parai juga menyediakan kolam renang, restoran serta sarana hiburan. Pengunjung dapat berenang di pantai, bermain para sailing, menyewa banana boat ataupun jetski atau melakukan permainan outbound. Pengunjung juga dapat menyewa peralatan diving di sini. Pengelola resort juga menyediakan restoran di dekat formasi batu-batu granit yang disebut dengan rock island. Selain melakukan kegiatan di air, pengunjung biasanya menjelajah bebatuan granit.


Kawasan disekitar pantai adalah perkampungan penduduk yang masih didominasi dengan hutan. Tidak jauh dari Pantai Parai, terdapat beberapa kawasan pantai umum yang masih belum dikelola dan pemandangannya masih sangat alami dengan formasi batu-batu granit yang unik, misalnya pantai love dimana terdapat batu granit besar yang datar berbentuk hati, atau Pantai Teluk Limau yang tersembunyi oleh kungkungan batu-batu granit raksasa. 

Selain itu Pantai Matras salah satu pantai yang popular di Pulau Bangka, juga hanya berjarak beberapa kilometer saja dari resort ini.


Pantai parai Tenggiri


Tiket Mauk: Rp. 25.000 Perorangan.

0 komentar:

Artikel Terbaru

Postingan Populer